Cerita Film Jason Bourne Series




Kapten David Webb, AS (pensiunan), lebih dikenal dengan nama samarannya Jason Bourne, adalah seorang agen rahasia CIA dan mantan pembunuh kelompok operasi hitam CIA Operation Treadstone yang mengkhianati kepentingan AS dalam beberapa hal. Dia adalah protagonis utama tituler dalam seri novel Bourne, serta adaptasi film, video game, serial televisi, dan atraksi turis.

Di film televisi, ia diperankan oleh Richard Chamberlain, sedangkan di film-film terakhir ia diperankan oleh Matt Damon.

Kehidupan awal (film)

Jason Bourne lahir sebagai David Webb pada 13 September 1970 (4 Juni 1978 di Jason Bourne), di Nixa, Missouri, dari pasangan Mary dan Richard Webb. Webb bergabung dengan Pasukan Khusus Angkatan Darat AS ("Baret Hijau") dan kemudian bergabung dengan Delta Force (Detasemen Operasi Pasukan Khusus ke-1-Delta atau "SFOD-Delta ke-1"), di mana ia mencapai pangkat perwira Kapten. Tanda ID militernya (tanda anjing) menyatakan bahwa dia adalah seorang Katolik dan golongan darahnya adalah O-. Sebagai Jason Bourne, golongan darahnya menyatakan A + seperti yang ditunjukkan pada file Treadstone miliknya.


Setelah pendaftarannya dengan Delta Force, Webb bergabung dengan CIA pada 4 Januari 1997 dan kemudian (setelah kematian ayahnya) bergabung dengan proyek Treadstone di mana dia diberi nama sandi Jason Bourne. Pada 7 Oktober 1999 ayahnya terbunuh di Beirut, saat bekerja sebagai kepala stasiun CIA. Terungkap bahwa Richard Webb membuat Program Treadstone dan mereka ingin merekrut putranya David ke dalam program tersebut tetapi ketika dia tahu dia mengancam akan mengekspos program tersebut karena dia tidak ingin putranya menjadi seorang pembunuh. Jadi Robert Dewey memerintahkan pembunuh pribadinya, yang hanya dikenal sebagai "The Asset", untuk membunuh Richard Webb dan menggelar kematiannya sebagai serangan teroris untuk mengejar putranya untuk bergabung dengan Treadstone dan percaya bahwa ayahnya dibunuh oleh teroris.

Film

The Bourne Identity


Gambar ID Treadstone resmi Bourne.

Pada tahun 2002, pada malam badai, sekelompok nelayan Italia menemukan seorang pria mengambang di Laut Mediterania di lepas pantai Marseille, dengan dua luka tembak di punggungnya dan sebuah perangkat dengan nomor rekening bank Swiss yang tertanam di pinggulnya. Menderita amnesia retrograde, dia menyadari bahwa dia ahli dalam beberapa bahasa Eropa dan dapat melakukan tugas-tugas yang tidak biasa seperti navigasi laut dan mengikat simpul-simpul eksotis di tali kapal, tetapi dia tidak dapat mengingat apapun tentang dirinya atau bagaimana dia sampai di sana. Ketika kapal berlabuh di Oneglia, dia berangkat ke Zürich untuk menyelidiki rekening bank di Gemeinschaft Bank.


Di markas CIA di Langley, Virginia, Wakil Direktur Ward Abbott mengetahui tentang upaya pembunuhan yang gagal terhadap diktator Afrika yang digulingkan Nykwanna Wombosi.

Sementara itu, karena kesulitan tidur di bangku taman di Zurich, Swiss, Bourne yang amnesia mengetahui bahwa dia secara aneh terampil dalam pertempuran tangan kosong dan pengetahuan senjata api ketika dia menaklukkan dua petugas polisi Swiss secara refleks untuk membela diri. Di bank di Zürich, menggunakan nomor yang ditemukan dari pinggulnya, dia membuka brankas untuk menemukan beberapa paspor yang berisi fotonya, berbagai macam mata uang, jam tangan TAG Heuer Link Chronograph CT1111 dan pistol Sig Sauer SP2009 9mm di antara yang lainnya sesuatu. Tetap saja, tanpa tahu siapa nama aslinya, dia mengasumsikan salah satu dari paspor AS pertama, Jason Bourne dan mengambil semuanya dari kotak kecuali pistol. Ketika otoritas Amerika dan Swiss berusaha untuk menangkapnya di Konsulat AS, dia melumpuhkan beberapa dari mereka, turun dari jendela konsulat dan menawarkan Marie Helena Kreutz, seorang wanita muda yang sangat membutuhkan uang, $ 20.000 untuk membawanya ke Paris, kota. dari alamat di paspor Jason Bourne-nya.

Sementara itu, Alexander Conklin, kepala kelompok operasi hitam CIA Operation Treadstone, meyakinkan Wakil Direktur Ward Abbott bahwa dia akan menghancurkan semua bukti yang menghubungkan mereka dengan Bourne yang bertanggung jawab atas upaya pembunuhan yang gagal di Wombosi. Dia mengaktifkan tiga "aset" untuk menjatuhkan rekan operasi mereka: Castel, Manheim, dan Profesor.

Ketika Bourne tiba di alamat di paspornya, dia langsung dikenali oleh pengawas gedung dan berdasarkan isi apartemennya, dia menyimpulkan bahwa dia berkecimpung dalam bisnis pengiriman. Untuk mencari lebih banyak petunjuk, dia menekan panggil ulang di teleponnya dan terhubung ke Hotel Regina, yang mengenali salah satu aliasnya dari paspor lain, John Michael Kane. Mereka memberitahunya bahwa Kane adalah tamu yang meninggal dua minggu sebelumnya dalam kecelakaan mobil. Saat Bourne merenungkan hal ini, Castel meledakkan melalui jendela menembakkan IMI Galil MAR alias "Micro Galil" dan melibatkan Bourne dalam pertarungan tangan kosong. Setelah Bourne menaklukkan Castel dengan menusuknya beberapa kali dengan biro kemudian mematahkan lengan dan kakinya, dia mencoba untuk menginterogasinya, tetapi Castel melompat keluar jendela, lebih memilih bunuh diri (daripada diinterogasi oleh Bourne untuk mendapatkan informasi). Marie menemukan poster buronan di tas Castel dengan foto miliknya dan foto Bourne.

Bourne terus menasihati Marie untuk meninggalkannya karena dia mencoba mencari tahu siapa dia dan mengapa orang mengejarnya. Dia mengatakan padanya untuk pergi ke polisi dan menjelaskan semuanya kepada mereka; dia memilih untuk tetap bersamanya dan mendorongnya untuk mencari tahu dengan bantuannya. Setelah mengelak dari polisi Paris dalam pengejaran berkecepatan tinggi di sekitar Paris dalam dirinya yang dipukuli Mini Cooper, dan menghabiskan malam dengan bersembunyi, mereka pergi ke Hotel Regina. Di sana, Marie meminta catatan hotel John Michael Kane.

Sementara itu, Conklin menanam tubuh di kamar mayat Paris untuk membodohi Wombosi agar mengira Kane, percobaan pembunuhnya, sudah mati, tetapi Wombosi mengakui bahwa tubuh tersebut bukanlah penyerangnya, dan Conklin menyuruh Wombosi dibunuh di rumahnya oleh aset yang dikenal sebagai "the Profesor." Bourne menyelidiki insiden tersebut, percobaan pembunuhan sebelumnya, dan kontak John Michael Kane, dan menyimpulkan bahwa dialah pembunuh yang gagal. Dia dan Marie melarikan diri dari kota ke pedesaan untuk tinggal di rumah teman Marie, di mana Jason memutuskan bahwa dia tidak lagi ingin menjadi dirinya yang dulu.

Di pagi hari, Profesor datang untuk membunuh Jason. Bourne menggunakan senapan laras ganda untuk meledakkan tangki bahan bakar rumah untuk mengalihkan perhatian Profesor (yang berada di puncak bukit menghadap ke rumah, dipersenjatai dengan senapan SIG SG 550 SR yang ditekan) saat dia berlari ke hutan. Bourne akhirnya menembak Profesor dua kali dengan senapan ketika dia mencoba untuk menarik cadangan Walther P5 Compact dan menginterogasinya sebentar, mengungkapkan hubungan timbal balik mereka dengan Operasi Treadstone. Profesor meninggal karena kehabisan darah, tetapi tidak sebelum berkata kepada Bourne: "Lihatlah kami. Lihatlah apa yang mereka paksa darimu berikan."

Dengan menyimpan $ 30.000, Bourne mengirim Marie pergi dengan sisa uangnya untuk keselamatannya sendiri. Dia menggunakan telepon seluler Profesor untuk mengatur pertemuan dengan Conklin di Pont Neuf, yang dia gunakan sebagai gangguan untuk memasang alat pelacak dari tas Profesor di kendaraan Conklin untuk menemukan lokasi rumah persembunyian Operasi Treadstone di Paris.

Setelah mengikuti kendaraan ke rumah persembunyian, Bourne menggunakan perangkat elektronik untuk memicu alarm mobil dari semua mobil yang diparkir di jalan, dan ketika suara itu mengganggu para penjaga, ia naik ke rumah persembunyian operasi tempat Nicky Parsons dan Conklin berada.

Bourne mengancam Conklin dengan Walther P5 Compact.

Ketika dia bertemu Conklin, memegangnya di bawah todongan senjata, dia akhirnya mulai mengingat misi terakhirnya. Dia telah mundur dari pembunuhan Wombosi (tidak resmi) setelah melihat anak-anak Wombosi. Bourne kemudian ditembak oleh Wombosi saat meloloskan diri dari perahu yang melaju kencang dan tertinggal di air karena tewas.

Setelah ingatan ini, dia memberi tahu Conklin bahwa dia meninggalkan Treadstone secara permanen dan memperingatkan dia untuk tidak mencoba mengikutinya. Dia kemudian menyadari Conklin diam-diam memicu alarm dan cadangan sedang dalam perjalanan. Bourne meninggalkan Nicky tanpa cedera, melakukan baku tembak dengan beberapa agen Divisi Aktivitas Khusus CIA, dan kabur hingga larut malam. Abbott, setelah memutuskan bahwa Treadstone harus ditutup untuk selamanya, memerintahkan operasi terakhir, Manheim, membunuh Conklin dengan Beretta 92FS yang ditahan di luar rumah persembunyian. Abbott kemudian menghadap Komite Pengawas dan dengan cerdik menjelaskan Treadstone sebagai program pelatihan pembunuh yang tidak efektif, kemudian segera mengalihkan fokus dengar pendapat ke ide untuk proyek baru dengan nama sandi "Blackbriar" (yang tidak dibahas sampai film ketiga di seri, The Bourne Ultimatum). Beberapa waktu kemudian, Jason menemukan Marie di Mykonos, menyewakan skuter kepada turis, dan keduanya berpelukan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Kerja Kapal Selam

Hasil Barang Tambang di Semua Provinsi di Indonesia

Hasil Barang Tambang di Daerah Cilacap