Hasil Barang Tambang di Daerah Cilacap

Cilacap adalah salah satu Kabupaten Jawa Tengah, Indonesia dengan ibukota cilacap. Daerah ini terkenal dengan industri pengolahan minyak yakni kilang cilacap. Meski demikian kilang cilacap tidak menggunakan sumber bahan tambang mentah dari dalam negeri melainkan dari timur tengah berupa minyak mentah (crude oil)Selain itu cilacap memiliki kandungan barang tambang lain yang sangat beragam.Berikut ini daftar hasil barang tambang dan olahan tambang di cilacap


1. Minyak Bumi


kilang minyak cilacap difoto pada malam hari

Cilacap terkenal dengan hasil olahan barang tambang minyak bumi. Perusahaan yang melakukan pengolahan minyak bumi di cilacap adalah PT Pertamina. PT PERTAMINA (PERSERO) Refinery Unit IV Cilacap merupakan salah satu dari 7 jajaran unit pengolahan di Indonesia, yang memiliki kapasitas produksi terbesar yakni 348.000 barrel/hari, dan terlengkap fasilitasnya. Kilang ini bernilai strategis karena memasok 34% kebutuhan BBM nasional atau 60% kebutuhan BBM di Pulau Jawa.

2. Batu kapur





tambang batu kapur

Cilacap memiliki cadangan batu kapur yang sangat kaya. Daerah penghasil batu kapur di cilacap adalah nusakambangan. Selain terkenal sebagai tempat lapas nusakambangan, pulau nusakambangan juga ternyata kaya akan potensi tambang batu kapur.

Surat Ijin Pertambangan Daerah/SIPD yang sudah dikeluarkan Pemerintah untuk penambangan batu kapur mencapai 998 hektar atau 1000 hektar. Dari 1000 hektar tersebut sampai sekarang ini yang sudah ditambang sebesar 140 hektar. Luasan tersebut baik yang sudah ditambang maupun yang di revegetasi. Luas tambang aktif sekarang mencapai 54,8 hektar.

Batu kapur di nusakambangan cilacap ditambang oleh perusahaan PT HOLCIM INDONESIA,Tbk yang digunakan sebagai bahan baku utama produk semen.


3. Pasir besi

Banyak daerah penghasil tambang pasir besi di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Tahun 1970 -2003, eksploitasi pasir besi dilakukan, baik di Teluk Penyu, muara sungai Serayu, Bunton muara sungai Bengawan Adiraja, dan didesa Karangbenda dan Glempangpasir.

Potensi pasir besi pasir yang dikelola PT. Aneka Tambang yang berada disepanjang pantai yang tanahnya berada pada kewenangan TNI. Luasannya dari Teluk Penyu Cilacap sampai dengan perbatasan Kebumen.

4. Aspal

Aspal merupakan salah satu turunan produk olahan dari minyak bumi. Berbahan dasar hidro karbon yang bersifat melekat (adhesive), berwarna hitam kecoklatan, tahan terhadap air, dan visoelastis. Aspal diproduksi oleh Kilang LOC I/II/III PT Pertamina persero, dihasilkan oleh jenis Crude Oil jenis Asphaltic berbentuk semisolid, bersifat Non Metalik, larut dalam CS2 (Carbon Disulphide), mempunyai sifat waterproofing dan adhesive.


  • Kegunaan Aspal

Aspal PT PERTAMINA (PERSERO) digunakan diberbagai proyek di Indonesia untuk:

- Pembuatan jalan dan landasan pesawat yang berfungsi sebagai perekat, bahan pengisian dan bahan kedap air.
- Juga dapat digunakan sebagai pelindung/coating anti karat, isolasi listrik, kedap suara atau penyekat suara dan getaran bila dipakai untuk lantai.


5. Heavy Aromate

Heavy aromate juga merupakan produk hasil olahan dari kilang minyak cilacap. Heavy aromate merupakan bahan dari solvent. Produk Solvent yang diproduksi oleh Pertamina dapat digunakan untuk berbagai aplikasi industri yang luas.

4. Lube Base Oil

Lube Base Oil Adalah Bahan baku campuran Oli kendaraan yang sering kita gunakan sehari-hari. Disebut Lube Base Oil karena ia merupakan bahan dasar.  Lube Base Oil dihasilkan oleh MEK Dewaxing Unit (MDU) I, II, dan III di Kilang PT PERTAMINA (PERSERO) Refinery Unit IV Cilacap. Diproduksi dalam bentuk cair.


6. Low Sulphur Waxy Residue

Low Sulphur Waxy Residue (LSWR) merupakan bottom produk yang diproduksi oleh Crude Distilasi Unit Kilang PT PERTAMINA (PERSERO) Refinery Unit IV Cilacap. Kegunaanya adalah Sebagai bahan baku untuk diproses lebih lanjut menjadi berbagai produk BBM dan NBM, disamping dapat dimanfaatkan sebagai pemanas di negara-negara bersuhu dingin.

7. Minarex

Minarex adalah salah satu hasil tambang cilacap yang di eksplotiasi di kilang minyak cilacap milik  PT PERTAMINA (PERSERO) Refinery Unit IV Cilacap. Minarex digunakan untuk memenuhi kebutuhan proccessing oil pada industri barang karet, ban dan tinta cetak. Minarex sebagai proccessing aid sangat penting perannya dalam pembuatan komponen karet pada industri ban dan industri barang karet, yaitu:


  • -Memperbaiki proses penulakan dan pemekaran karet.
  • -Menurunkan kekentalan komponen karet.

8. Emas

Cilacap sebenarnya memiliki potensi tambang emas yang cukup besar, namun sampai saat ini belum tergarap.Beberapa investor yang melakukan penelitian tambang emas di Sidahayu Cilacap seluas 2.000 hektare, namun belum ada yang memulai melakukan penambangan.

Selain bahan tambang yang sudah dieksploitasi di atas, Cilacap memiliki beberapa barang tambang yang belum dieksploitasi seperti batu bara, bentonit, trass, andesit. Potensi tersebut hingga kini belum semuanya tergarap maksimal. Seperti batu bara, yang terlihat di Kecamatan Dayeuhluhur dan Karangpucung.

Berdasarkan analisis nilai kalori potensi batu bara di dua tempat tersebut, kandungannya diperkirakan mencapai 3.724-3.890 kalori per gram. Selain itu, potensi kandungan emas di Majenang mencapai 4-7 gram per ton. Selain dua tambang tersebut, di Kecamatan Cimanggu terdapat potensi pertambangan trass, dengan cadangan keseluruhan mencapai 83 juta meter kubik. Selain itu, Cilacap mempunyai potensi batu andesit, tepatnya di Kecamatan Kesugihan, dengan jumlah 1,5 juta meter kubik.

referensi

https://koran.tempo.co/read/berita-utama-jateng/243237/cilacap-punya-banyak-potensi-tambang
https://jatengprov.go.id/beritadaerah/staf-ahli-menko-polhukam-kunker-di-cilacap/
http://repository.upnyk.ac.id/4206/
https://osf.io/preprints/inarxiv/8wtya/
https://www.pertamina.com/id/refinery-unit-iv-cilacap

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Kerja Kapal Selam

Hasil Barang Tambang di Semua Provinsi di Indonesia