Pengalaman Sembuh Asam Urat total Tanpa ke Dokter

Saya mengalami 2 kali fase kumat asam urat. Asam urat saya menyerang si bagian jempol kanan. 2 fase kumat asam urat ini berselang 1 tepat satu tahun.

Pertama terjadi pada bulan Juni, malam hari kaki saya tiba-tiba cenat cenut ketika sedang berbaring santai di tempat tidur. Ketika coba bangun sekonyong-konyong kaki saya tidak bisa menjejak lantai. Sakit luar biasa.

Saat itu saya sama sekali belum tau kalau saya mengalami sakit asam urat. Cirinya kaki terlihat bengkak, panas dan kemerahan. Selain itu sakit nyeri yg luar biasa. Tepat di persendian jempol kanan. Persis seperti kaki yg habis keseleo.


 yg sering terserang asam urat

Saya ingat2 lagi apakah saya pernah jatuh hingga keseleo Ternyata tidak. Sampai2 saya kira kalau kaki saya kena ludah jin karena terjadi tiba-tiba dan tanpa sebab. Malam itu ahirnya berlalu hingga pagi saya menahan sakit. Pagi harinya sakit nyerinya juga tiba2 perlahan-lahan menghilang. Selang satu hari kemudian sakitnya total sembuh dengan sendirinya tanpa obat sama sekali, hingga saya lupa pernah terserang nyeri yg begitu luar biasa.

Selang satu tahun kemudian,  tepat bulan juni tahun berikutnya, sakit yg sama tiba-tiba muncul dengan pola yg sama. Datang tiba-tiba pada malam hari sampai susah berjalan saking nyerinya. Saya ingat-ingat lagi, ternyata sakit kali ini tidak serta merta datang begitu saja. Ternyata sakit di jempol kaki kanan ini sudah mengalamai gejala sejak 2 tiga bulan yg lalu tapi dengan intens yg sangat kecil hingga hampir tidak saya sadari. Hingga puncaknya tejadi malam ini sampai saya tidak bisa jalan.

Pada fase kedua ini bedanya, tidak langsung sembuh keesokan harinya seperti fase pertama. Setelah saya tunggu esoknya harinya ternyata tidak sembuh juga. Saya mulai penasaran dan searching google, dan ternyata penyakit saya persis dengan ciri-ciri asam urat. Apalagi satu hari yg lalu saya baru mengkonsumsi kacang2an yg ditengarai sebagai pemicu asam urat.

Saya tunggu 3 hari berharap penyakit asam urat segera berlalu ternyata tidak sembuh juga. Saya masih terpincang-pincang susah berjalan menahan nyeri di jempol kaki kanan. Saya mulai kawatir dan mulai mencari-cari resep obat asam urat, penyebab asam urat, makanan pemicu asam urat dan tips menyembuhkan asam urat.

Kebanyakan searching google memunculkan situs2 besar memberikan tips mengurangi asam urat dengan cara menghindari makanan tinggi purin.  Purin dianggap sebagai penyebab utama asam urat. Apa saja makanan tinggi purin, menurut situs besar tersebut adalah ikan sarden, kembung, jeroan, otak dll yg sama sekali tidak pernah saya makan.

Oke, meskipun saya tidak pernah makan otak dan jeroan tapi saya memang sering makan ikan laut lain seperti teri, tuna, sarden dll. saya coba stop makan ikan dan mengganti dengan telur. Ternyata sakit nyeri asam urat belum sembuh juga. Sudah hampir satu bulan berlalu kaki masih pincang. Pernah agak mendingan sembuh satu hari tapi kemudian kumat lagi dengan intensitas sakit yg sama.

Saya mulai sangat kawatir, apalagi jika membaca komplikasi asam urat yg bisa menyebabkan bejolan yg disebut tofus bisa pecah infeksi dst saya jadi ngeri. Saya terus berusaha mencari solusi dan pola hidup serta pola makan bagaimana supaya asam urat saya bisa sembuh.

Pada ahirnya setelah membaca semua sumber informasi saya mulai menggabungkan beberapa metode yaitu obat kimia dari apotik, obat alami atau herbal, dan pola diet atau menu makanan yg boleh untuk penderita asam urat.

 1. obat kimia




saya menggunakan grathazon 0,5 mg yg di kombinasikan dengan grazeo proxicam 20mg. Dimimum hanya sekali sekari masing-masing satu butir waktu sakit sedang menyerang jika sampai sampai tidak nyaman atau tidak tahan dengan nyeri yg menyerang. Dua obat ini sangat ampuh meredakan nyeri hingga lumayan bisa tidur pada malam hari

2. Obat herbal


[caption id="" align="alignnone" width="700"] rebusan daun salam[/caption]

Obat kimia pada poin pertama hanya mampu meredakan sakit nyeri tanpa benar-benar mengobati asam urat. Obat kimia tersebut hanya bersifat sementara dan tidak boleh dikonsumsi terus menerus karena efek berbahaya bagi tubuh terutama ginjal dan hati. Maka saya menggabungkan dengan obat herbal yakni daun salam.

Daun salam bersifat membersihkan ginjal dan darah. Cara pengolahan daun salam cukup mudah, rebus segenggam daun salam (20 lembar) dengan 3 gelas air selama 5 menit. minum air rebusan daun salam tersebut 2 kali sehari pagi dan sore masing masing satu gelas.

3. Stop makan ikan apa saja.


[caption id="" align="alignnone" width="600"] stop makan ikan[/caption]

Banyak info yg mengatakan beberapa jenis ikan aman dikonsumsi bagi penderita asam urat. Tapi ternyata pengalaman saya berkata tidak demikian. Semua ikan haram saat saya menderita asam urat. Efeknya langsung terasa ketika saya makan ikan (ikan apa saja) asam urat langsung kumat keesokan harinya. Terutama ikan yg mengandung purin tinggi dan lemak ikan tinggi. Apa saja ikan dengan lemak tinggi yaitu ikan air tawar seperti nila, gurame, ikan mas, lele, mujair, dll. Ikan air tawar ini mengandung lemak tinggi terutama di bagian kepala yg sangat bahaya bagi penderita asam urat.

Pengalaman saya ketika berhenti makan ikan, urin yg saya tampung bersih dan tidak berbau. Berbeda ketika makan ikan urin sangat berbau dan memiliki kerak. Mungkin kerak inilah yg menjadi cikal bakal asam urat di darah dan mengendap di persendian.

Well begitulah tiga cara kombinasi pengalaman saya sembuh total dari asam urat. Setela lebih dari 1 bulan tidak bisa jalan alias pincang karena asam urat, kini sudah bisa lari sprint dan main bola kembali bahkan bisa ikut tanding mma.

Memang tiga metode tersebut harus dilakukan secara bersamaan alias jika kurang satu saja maka asam urat akan kambuh terus terutama poin keduan dan keetiga. Kalo poin satu seperlunya saja. Pengalaman saya setelah minum ramuan herbal daun salam dan menghentikan konsumsi ikan selama satu minggu perubahan mulai sangat terasa, bengkak asam urat hilang, nyeri hilang dan setelah 2 minggu menjalani metode ini asam urat sembuh total.

Setelah sembuh total baru boleh makan ikan seperti biasa namun dengan jumlah yg dikira-kira jangan terlalu berlebihan.  Perhatikan setelah mengkonsumsi pantangan tersebut harap segera minum rebusan daun salam untuk membersihkan darah dari zat-zat asam urat. Jadi apa saja makanan pantangan asam urat? bagi saja satu saja yaitu ikan, apapun jenisnya.

Sekian pengalaman saya sembuh dari penyakit asam urat yg sangat menyiksa semoga berguna bagi teman-teman penderita asam urat.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

0 Response to "Pengalaman Sembuh Asam Urat total Tanpa ke Dokter"

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *