Pengertian Asas Black, Rumus dan Contoh Soal

Termodinamika adalah cabang ilmu fisika yang mempelajari tentang perubahan panas. Salah satu prinsip yang terkenal dalam temodinamika adalah asas Black yang dikemukakan oleh Joseph Black.


Joseph black

Joseph Black adalah seorang dokter sekaligus ilmuan asal skotlandia yang pertama kali menemukan sifat-sifat karbon dioksida sehingga menjadi pencetus penelitian tentang gas dalam pernafasan.

Dilansir dari Encyclopedia, pada tahun 1761, Black menemukan bahwa es yang mencair suhunya tidak berubah hingga benar-benar mencair.

Hal ini juga berlaku pada air yang mendidih. Saat kamu memanaskan air hingga mendidih, air mempertahankan suhu yang sama yaitu 100 derajat dan tidak akan naik lagi.

Suhu air mendidih tetap sama, walau panas diberikan secara terus-menerus. Sebagai gantinya air akan berubah menjadi uap bertekanan tinggi akibat panas.

Black akhirnya menyimpulkan bahwa ada panas spesifik atau kalor jenis (panas yang dibutuhkan untuk menaikkan suhu) dan panas laten (panas yang dibutuhkan untuk mengubah fasa benda).

Kalor jenis atau panas spesifik adalah banyaknya kalor yang diperlukan untuk menaikkan suhu sebesar 1 derajat celcius pada benda tertentu seberat 1 gram.

Jadi, jumlah panas yang diperlukan untuk memanaskan 1°C air sebanyak 1 gram berbeda dengan jumlah panas yang diperlukan untuk menaikan suhu 1°C pada zat lain yang beratnya sama.

Misalkan 1 °C panas bisa menaikkan suhu 1 gram air sebanyak 1 °C. Namun untuk menaikkan suhu emas sebanyak 1 °C, diperlukan 31 °C panas.

Penemuan inilah yang mendasari asas Black yang menyatakan bahwa:


“Pada percampuran dua zat, banyaknya kalor yang dilepas oleh zat yang suhunya lebih tinggi sama dengan banyaknya kalor yang diterima zat yang suhunya lebih rendah”

Secara umum rumus Asas Black sebagai berikut: 


Rumus Asas BlackKeterangan
Qlepas = QterimaQlepas adalah jumlah kalor yang dilepas oleh zat
Qterima adalah jumlah kalor yang diterima oleh zat




Rumus berikut, adalah penjabaran dari rumus diatas

Rumus asas Black

Untuk lebih mengerti tentang asas Black, yuk kita bahas soal di bawah ini!

Air sebanyak 60 gram bersuhu 80°C dicampur dengan 40 gram air bersuhu 25°C. Jika sistem adalah sistem tertutup sehingga tidak terpengaruh lingkungan dan kalor jenis air adalah 1 kal/g°C, maka tentukanlah suhu akhir campuran tersebut!


Jawaban:

m1= 60 g
m2= 40 g
T1= 80°C
T2= 25°C
c= 1 kal/ g°C

Variabel-variabel tersebut kemudian dapat dimasukkan ke dalam persamaan matematis asas Black:

Perhitungan suhu akhir campuran

Sehingga, hasil campuran kedua air tersebut memiliki suhu akhir sebesar 48 °C

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

0 Response to "Pengertian Asas Black, Rumus dan Contoh Soal"

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *